music

Monday, 5 October 2015

Psikologi dan Teknolog Internet

Tugas 1

1.    Berikan contoh lain pelaksaan e-service ( pelayanan dari segi apa dan tujuan)
Jawab:
Saya menberikan contoh yaitu lazada. Pelayanannya yaitu kita bisa membeli barang yang kita inginkan tanpa harus belanja jauh ke toko atau pusat berbelanjaan yang akan memakan waktu berjam jam untuk mencarinya. Tujuannya yaitu untuk menjalin rasa saling percaya antara pembeli dan penjual. E service adalah pihak ke 3 dimana penjual menjual barang dagangannya dan pembeli yang membeli barang dagangan si penjual melalui media online.
2.    Tantangan e-servive dalam perkembangan teknologi (kelebihan dan kekurangan)
Jawab
Kelebihan E-Service:
a)      Revenue stream baru
b)      Market exposure, melebarkan jangkauan
c)       Menurunkan biaya
d)      Memperpendek waktu product eyele
e)      Meningkatkan customer loyality
f)       Meningkatkan value chain
Kelemahan E-Service:
a)      Isu security
b)      Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan website sampai dengan pencurian data.
c)       Ketidaksesuaian jenis dan kualitas batang yang dijanjikan.
d)      Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
e)      No cash payment
f)       Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-service
g)      Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.

3.    Temukan 1 kasus tentang penipuan, dianalisis. Buat etika yang seharusnya dilakukan!
Jawab:
Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini, publik dibuat heboh oleh kasus penipuan jual beli yang terjadi di forum online Kaskus. Hal ini pun menjadi perbincangkan hangat di media sosial.
Namun, kasus penipuan tersebut bukanlah datang dari pihak penjual atau  pembeli, seperti kasus yang sudah-sudah, melainkan dari pihak terpercaya jasa penyedia rekening bersama (rekber) online, BlackPanda.
Menurut informasi yang beredar, BlackPanda diduga telah menipu ratusan pengguna di forum yang telah berdiri sejak 1999 silam tersebut dengan membawa dana yang jumlahnya telah mencapai 360 juta.
Bagi Anda yang tidak familiar dengan metode transaksi jual beli menggunakan rekber, metode ini merupakan transaksi yang sebetulnya kerap dilakukan oleh Kaskuser (pengguna Kaskus) ketika membeli produk secara online.
Rekber sendiri merupakan metode pembayaran yang sampai saat ini dinilai paling aman untuk menghindari adanya trik penipuan.
Seperti yang sudah diketahui, metode transfer di aktivitas jual beli online memang sudah tidak diyakini lagi kepastiannya, mengingat banyaknya kasus penipuan yang terjadi berasal dari metode transfer tersebut.
Beberapa jasa rekber yang sudah verified pun sering digunakan oleh pembeli. Berikut nama-nama jasa rekber `langganan` di Indonesia:
1. Sanbank (Kaskus)
2. Piggybank (Kaskus)
3. Blackpanda (Kaskus)
4. Inapay (umum)
Etika yang seharusnya adalah
Seharusnya pengamanan disitus kaskus lebih diperketat lagi supaya tiidak ada kejadian yang akan terulang kembali. Pengguna situs tersebut juga seharusnya hati-hati saat membelinya, tanyakan dengan detail barang tersebut. Jika masalah penipuan ini terjadi kembai segera laporkan kepada yang berwajib supaya pedangang itu dihukum dengan setimpal.
Sumber :



1 comment: