Tugas 1
1. Berikan contoh lain pelaksaan e-service (
pelayanan dari segi apa dan tujuan)
Jawab:
Saya
menberikan contoh yaitu lazada. Pelayanannya yaitu kita bisa membeli barang
yang kita inginkan tanpa harus belanja jauh ke toko atau pusat berbelanjaan
yang akan memakan waktu berjam jam untuk mencarinya. Tujuannya yaitu untuk
menjalin rasa saling percaya antara pembeli dan penjual. E service adalah pihak
ke 3 dimana penjual menjual barang dagangannya dan pembeli yang membeli barang
dagangan si penjual melalui media online.
2. Tantangan e-servive dalam perkembangan
teknologi (kelebihan dan kekurangan)
Jawab
Kelebihan E-Service:
a)
Revenue stream baru
b)
Market exposure, melebarkan jangkauan
c)
Menurunkan biaya
d)
Memperpendek waktu product eyele
e)
Meningkatkan customer loyality
f)
Meningkatkan value chain
Kelemahan
E-Service:
a)
Isu security
b)
Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud,
banking fraud, hak atas kekayaan intelektual akses ilegal ke system informasi
(hacking) perusakan website sampai dengan pencurian data.
c)
Ketidaksesuaian jenis dan kualitas batang yang
dijanjikan.
d)
Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
e)
No cash payment
f)
Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang
mengakomodasi perkembangan e-service
g) Masalah
kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat
langsung barang yang akan dibelinya.
3.
Temukan
1 kasus tentang penipuan, dianalisis. Buat etika yang seharusnya dilakukan!
Jawab:
Liputan6.com,
Jakarta - Pekan ini, publik dibuat heboh oleh kasus penipuan jual beli yang
terjadi di forum online Kaskus. Hal ini pun menjadi perbincangkan hangat di
media sosial.
Namun, kasus
penipuan tersebut bukanlah datang dari pihak penjual atau pembeli, seperti kasus yang sudah-sudah,
melainkan dari pihak terpercaya jasa penyedia rekening bersama (rekber) online,
BlackPanda.
Menurut informasi
yang beredar, BlackPanda diduga telah menipu ratusan pengguna di forum yang
telah berdiri sejak 1999 silam tersebut dengan membawa dana yang jumlahnya
telah mencapai 360 juta.
Bagi Anda yang
tidak familiar dengan metode transaksi jual beli menggunakan rekber, metode ini
merupakan transaksi yang sebetulnya kerap dilakukan oleh Kaskuser (pengguna
Kaskus) ketika membeli produk secara online.
Rekber sendiri
merupakan metode pembayaran yang sampai saat ini dinilai paling aman untuk
menghindari adanya trik penipuan.
Seperti yang sudah
diketahui, metode transfer di aktivitas jual beli online memang sudah tidak
diyakini lagi kepastiannya, mengingat banyaknya kasus penipuan yang terjadi
berasal dari metode transfer tersebut.
Beberapa jasa
rekber yang sudah verified pun sering digunakan oleh pembeli. Berikut nama-nama
jasa rekber `langganan` di Indonesia:
1. Sanbank (Kaskus)
2. Piggybank
(Kaskus)
3. Blackpanda
(Kaskus)
4. Inapay (umum)
Etika yang seharusnya adalah
Seharusnya pengamanan disitus
kaskus lebih diperketat lagi supaya tiidak ada kejadian yang akan terulang
kembali. Pengguna situs tersebut juga seharusnya hati-hati saat membelinya,
tanyakan dengan detail barang tersebut. Jika masalah penipuan ini terjadi
kembai segera laporkan kepada yang berwajib supaya pedangang itu dihukum dengan
setimpal.
Sumber :
good information :D
ReplyDelete